15 Apr 2008

Layanan Premium Antara Untung dan Rugi

Layanan Premium Antara Untung dan RugiPada satu April yang lalu om cosa dan jackbook, mengeluarkan
layanan berbayar untuk mengakses situs mereka. Apakah anda tertipu oleh "April Fool Day" itu. Jika iya, apa yang anda rasakan
ketika mendengar bahwa untuk bisa melihat posting dari mas cosa harus merogoh kocek 10 dolar sebulan.

Bagi yang fanatik denga om cosa sih oke-oke saja, karena telah merasakan manfaat besar. Tapi bagi yang baru memulai atau baru
nemu situs itu, boro-boro mau bayar. Buat makan aja susah (coz makannya aja sehari 6 piring). Itulah yang akan dihadapi bila sebuah
blog/website yang dulunya menyediakan layanan gratis kemudian berubah menjadi berbayar. Lain halnya dengan website yang dari awal
telah menerapkan kebijakan meminta fee untuk mengakses layanan mereka.

Maka sebelum anda memutuskan untuk merubah kebijakan tersebut ada baiknya dipikirkan terlebih dahulu, meminta pendapat kepada teman
dan juga pendapat para pengakses situs anda. Jangan buat keputusan secara mendadak. Disini saya mencoba untuk men-sharing untung dan ruginya
pembuatan layanan premium (newbie minded).

Manfaat:
1. Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan dari biaya registrasi (webmaster)
2. Pelayanan yang didapatkan lebih baik dan anda akan disupport selama menjadi anggota
3. Mengetahui dengan jelas tujuan dari setiap anggota bergabung dengan anda, karena ingin mendapat sesuatu yang berharga dari anda.

Rugi :

1. Para pengunjung setia yang berkantong tipis berpikir dua kali untuk berkunjung ke website anda.
2. Anda akan mengalami penurunan traffic yang lumayan banyak.
3. Website sejenis yang memiliki niche yang sama akan ramai dikunjungi karena mereka "free of charge".

Solusi :

Selalu ada solusi untuk setiap permasalahan, bila anda membutuhkan biaya operasional yang tidak sedikit, pembuatan layanan premium adalah salah
satu jalan. Bagi Pengunjung setia mereka akan mengerti setelah mendengarkan penjelasan, tapi berikan mereka pilihan. Tetap berikan artikel atau layanan
yang bermanfaat secara gratis, tapi buatlah batas antara layanan gratis dan berbayar. Sehingga mereka tetap merasa dihargai.

Anda punya ide lain? Silahkan sharing disini.

Tidak ada komentar: