29 Mei 2008

Pilah-pilih sebelum "pinjam" domain di hyperwebenable

Dapatkan domain gratis disiniPernahkah anda mendengar hyperwebenable? Udah pada tahu kan? Yup, hyperwebenable adalah sebuah website yang menawarkan fasilitas domain gratis bagi yang ingin punya alamat "domain sendiri". Kalo begitu enak dunk? Ntar, tunggu dulu sebelum
mengajukan permintaan aplikasi domain gratis kepada pihak hyperwebenable, ada syarat-syarat yang harus ditaati oleh kita calon penggunanya.

Syarat-syarat ini diambil dari TOS mereka :

1. Pihak hyperwebenable akan meletakkan dua buah iklan mereka diatas dan dibawah posting, tapi anda juga boleh memasang iklan lainnya.

2. Minimal posting 15 kali sebulan, kalau tidak yah tidak sesuai dengan syarat mereka dong. Jadi minimal anda posting seminggu 4-5 kali. Tapi semua bisa diatasi kok.

3. Trafik dari blog utama anda yang blogger atau wordpress harus memenuhi standar mereka.

4. Domain yang telah di approve akan menjadi milik hyperwebenable sepenuhnya, anda hanya mempunyai hak untuk memanagenya saja. CMIIW

Dari syarat yang diajukan diatas, apakah anda tertarik untuk bergabung? Jika ya, silakan daftar disini. Tapi apabila masih memikirkan efek
samping dari layanan ini, teruskanlah baca sampai habis.

Sudah barang tentu barang yang gratisan ada kelemahannya. Menurut Term and Condition dari Hyperwebenable.

1. Jika anda memiliki konten yang yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan, maka pihak hyperwebenable akan melakukan teguran dan parahnya lagi akan menghapus domain anda. Betulkah?

2. Anda hanya memiliki hak pakai terhadap blog anda, kan sayang blog yang udah capek-capek dibangun tiba-tiba diambil tanpa ada penjelasan.

3. Semua yang anda dapatkan adalah fasilitas semu (sebenarnya sama dengan fasilitas dari blogger dan wordpress) jika website anda tiba-tiba hilang, tidak ada yang bisa disalahkan. Tapi datanya bisa diakali dengan rajin backup.

Sekian dulu deh, bagi teman-teman yang udah memakai jasa hyperwebenable. Silakan sharing disini kalo ada yang mau ditambahkan atau dikritik.

11 komentar:

Anonim mengatakan...

Tul bgt, teliti sebelum membeli itu keharusan. Ini juga berlaku untuk memilih sesuatu yg gratisan.

Anonim mengatakan...

Utk poin 2 kayaknya kurang tuh. 15 postingan perbln atau trafik 100 pengunjung perhari. Aku udah daftar dan ini hasilnya gadgetreviewscenter.com
banner adsnya gede bikin jengkel aja. Resiko gratisan kali ya :D

Anonim mengatakan...

kalo gratis pasti ada "tapi"nya dan syaratnya :-D

Anonim mengatakan...

Informasi yang cukup menarik, Jangan terlalu berharap banyak dengan sesuatu yang gratis :)

Anonim mengatakan...

@ Ecko, iya bang Ecko kita harus teliti sebelum memilih sesuatu apalagi gratisan

@ Tipis, oh iya kelupaan visitornya minimal 100. Thanks

@ Yudi, gratis tanpa tapi ga pake tipu. Hehehe

@ Eko Priyanto, thanks mas Eko. Gratisan... Ayo sapa yang mau gratisan.

Anonim mengatakan...

males ah gratis tapi banyak tuntutannya.

kalo gratis tanpa syarat baru mau :D

Anonim mengatakan...

@ Chodirin, tergantung orang mas. Apakah suka dengan tuntutan atau tidak.

Anonim mengatakan...

@chodirin yang gratis tapi syarat adanya dimana yah? Disurga tuh...hihihi

Dan saya ingin menanggapi posting Eka soal Hyperwebenable, menurut saya sih syarat2x yang ditetapkan masuk akal dan wajar2x saja. mengenai pelarangan konten yang berbau pornografi, sara dstnya itu hal umum. Dan soal 15 posting/bulan, mungkin maksudnya sbagai motivasi bagi para peminjam domain agar tidak males. Sebabnya membeli domain dan hosting kan pake duit, kalau dilakoninya dengan males2x an buat apa? jadi persaratan 15 posting/bulan agar peminjam domain tidak males mengurus blognya dan juga menguntungkan Hyperwebenable scara tidak langsung, karena dengan diurusnya blog tsb maka otomatis mendatangkan trafik, nah trafik ini akan menguntungkan semua pihak.

dan soal iklan yang tampil, memang disitu ditulisnya 2 banner iklan, yaitu dibagian atas dan bawah posting, namun pada kenyataannya slama ini iklan banner yang tampil hanya bagian atas. dan menurut saya sjauh ini tidak terlalu mengganggu.

Dan kelemahannya suka muncul 500 external server error saat akses dan juga spt eka bilang bisa saja domain kita diambil scara spihak...namun tentu saja pengambilan domain tidak akan terjadi jika peminjam domain tidak melanggar TOS yang ditetapkan.

Sebagai penutup, yah kalau gak mau ada tuntutan silahkan beli domain sendiri! JANGAN minjem oooi!...hehehe.

Anonim mengatakan...

yang bikin rada jengkel tuh pas 500 external, lainnya sih masih wajar :D

Toni Blog mengatakan...

wah dari dulu kok aku gak minat ya sama hyper ini, walau tawaran domain gratis sepertinya ga free gitu aja, mending pake blog free lebih free hehehe

Anonim mengatakan...

@ Abibakar, kalo ada review dari orang yang make kaya mas Abi tambah mantab neh. Thanks for sharing

@ Persikers, memang itu salah satu kelemahannya mas.

@ Tony, weh udah mulai online lagi neh..